Cara Ganti Lagu Album Taylor Swift Di Tiktok Dan Lainya Tiba-Tiba Menghilang

Cara Ganti Lagu Album Taylor Swift Di Tiktok Dan Lainya Tiba-Tiba Menghilang

Beredar isu dari platform TikTok mengenai lagu-lagu album dari musisi ternama seperti Taylor Swift, Drake, Olivia Rodrigo, sampai Billie Eilliesh serta lainya tiba-tiba bisa menghilang mulai pekan lalu 2/2/2024.

Diketahui penyebab hilangnya dikarenakan masalah lisensi dari label music Universal Music Group (UMG) dengan TikTok. maka berdampak para pengguna TikTok sebelumnya yang menggunakan video music berlagu musisi terkenal seperti yang disebutkan diatas semuanya dibisukan dan dihimbau untuk menggantikan lagu lainya.

Dengan kejadian tersebut juga berdampak pengurangan nilai estetik ciptaan lagu pada video di TikTok. pasalnya, music juga menjadi salah satu peran penting dalam membangun konten video tiktok yang bernuansa lebih hidup, maka kolaborasi tema konten video dengan music menjadi lebih lengkap bahkan menjadikan nilai tambahan pada sebuah konten video.

Maka bagi para pengguna TikTok yang sudah dihimbau bisa menggantikan lagu lainya dengan mudah. lewat menu yang terdapat di akun Tiktok para pengguna bisa melihat notifikasi apakah dari salah satu konten terdapat tanda “sound removed due to copyright restriction” berarti suaranya dihapus dan bisa digantikan lagu lainya dengan klik opsi “Replace sound” di bagian bawah notifikasi.

Para penggguna dapat memilih lagu lainya sesuai yang difavoritkan kemudian tinggal klik tab recent pergantian lagu baru. lebihnya para pengguna Tiktok juga bisa mengklik pada icon pencarian judul atau penyanyi lagu lainya.

Sesudah itu, para pengguna bisa melanjutkan klik pada icon gunting untuk pergantian lagu baru. untuk menyesuaikan atau edit volume lagu besar atau kecilnya para pengguna bisa memilih klik opsi pengaturan “volume”. dan yang terakhir, tinggal save untuk menyimpan lagu baru yang diganti. kabar disisi lainya, bahwa album lagu voila tidak dibisukan lagi dan bisa dipergunakan lagi dengan iringan music versi terbaru.

Perkara Lisensi Detailnya Lagu-Lagu Menghilang Di TikTok

Usut lebih lanjut, tiba-tiba menghilangnya music album Taylor Swift, Drake, Olivia Rodrigo serta penyanyi lainya yang dikarenakan perkara Lisensi. musisi tersebut semuanya berada dinaungan label music UMG. maka selama ini, UMG bersama TikTok sebenarnya mempunyai perjanjian kerja sama perkara lisensi dimana music-music tersebut akan habis sampai masa berlakunya pada 31 Januari.

Akan tetapi sangat disayangkan, negoisasi untuk perpanjangan lisensi antara pihak UMG dengan TikTok tidak berhasil sampai sepakat kedua belah pihak. maka dari itulah, pihak Universal Music Group mulai menghapus kategori music dibawah naungan mereka. Terlapor juga dari KompasTekno, tidak hanya pengguna umum. akun resmi milik @TaylorSwift beserta @OliviaRodrigo terkena imbasnya juga dengan masalah lisensi tersebut.

Sejumlah video yang ada di akun resmi Taylor Swift dibisukan juga karena masalah cipta. padahal lagu merupakan hasil karya sendiri. jadi berdasarkan laporan lainya diketahui faktor lain dari gagalnya perjanjian lisensi antara kedua pihak baik itu UMG dengan TikTok termasuk masalah pembayaran artis, AI generatif, serta keamanan online. dilansir dari laporan KompasTekno.

Dikabarkan juga pihak Universal Music Group juga menuduh platform video dari ByteDance, terdapat melakukan tindakan intimidasi supaya pihak UMG bisa menerima kesepakatan buruk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *